IHSG BEI Dibuka Menguat Pasca The Fed Umumkan Kenaikan Suku Bunga

Bisnis Kabar News Terkini

JAKARTA, KABAR.ID- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis pagi dibuka menguat seiring penerimaan pasar atas kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed.

IHSG dibuka 27,26 poin atau 0,39 persen ke posisi 6.925,47. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 7,46 poin atau 0,77 persen ke posisi 981,92.

“Meskipun tingkat suku bunga naik, tapi ada potensi bahwa pasar akan kembali bergairah hari ini ,” tulis Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta.

Fed menaikkan tingkat suku bunganya sebanyak 75 basis poin (bps) untuk bulan kedua berturut-turut setelah  pada bulan Juni menaikkan tingkat suku bunganya.

Meskipun Ketua Fed Jerome Powell mengatakan ada kemungkinan langkah yang sama akan dilakukan lagi oleh Otoritas Moneter AS, namun ada sesuatu yang menenangkan kemarin lantaran Powell menolak bahwa perekonomian Amerika akan menuju resesi.

Sejauh ini, Pilarmas Investindo Sekuritas melihat ada kemungkinan di pertemuan selanjutnya The Fed akan mulai menurunkan besaran tingkat suku bunganya apabila data pada bulan Agustus dan September mendukung dan menunjukkan bahwa inflasi mulai dapat terkendali

Fed berkomitmen kuat untuk mengembalikan inflasi ke target sebelumnya yaitu dua persen dan inflasi tetap menjadi tujuan nomor satu bagi The Fed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.