Kamis, Mei 19, 2022

Direktur Utama Telkom Janji Hadirkan Layanan Digital Berkelas Dunia di IKN Nusantara  

Kabar News Tekno Terkini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah saat meninjau kawasan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Foto : dok Telkom.

JAKARTA, KABAR.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  berjanji dan berkomitmen menghadirkan layanan digital berkelas dunia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Sejalan dengan pemerintah dalam menetapkan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, peran Telkom dalam menghadirkan transformasi digital sangatlah penting,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam keterangan persnya yang diterima Kabar.id di Jakarta (5/3/2022).

Menurutnya, rencana pembangunan mencakup dari tiga domain bisnis digital (connectivity, platform dan services) yang bersinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah.

Telkom, kata dia, siap mendukung penyediaan infrastruktur dan layanan digital di IKN Nusantara dengan fokus pada penyediaan konektivitas, platform, hingga beragam layanan digital.

Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku tercatat telah memiliki 173 ODP dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut. Ditambah kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) ManadoDumai yang melintasi sepanjang Selat Makassar menjadikan IKN Nusantara terkoneksi global langsung melalui gateway Batam dan Manado. Sementara itu layanan mobile Telkomsel untuk perluasan cakupan, penambahan kapasitas, serta peningkatan kualitas jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN Nusantara akan terus dimaksimalkan.

Selain itu TelkomGroup juga akan menghadirkan solusi digital melalui pembangunan Intelligent Data Center (IDC) dengan Smart & Intelligent Network Security sehingga mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city dengan tingkat keamanan siber yang tinggi.

“Untuk memastikan realisasi seluruh rencana pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dapat optimal dan sesuai dengan yang ditargetkan, TelkomGroup akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR dan Kominfo serta lembaga atau instansi terkait. Semoga upaya dan semangat kolaborasi semua pihak dapat mendorong digitalisasi sehingga hadirnya IKN Nusantara sebagai smart city nanti dapat menjadi wajah baru untuk Indonesia yang lebih baik,” kata Ririek (Ant/KBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.