Rusia Gempur Pasukan Ukraina, 137 Orang Dilaporkan Tewas

Internasional Kabar News Terkini

Prajurit Garda Nasional Ukraina mengambil posisi di pusat Kyiv, Ukraina 25 Februari 2022. Foto : Reuters.

KYIV, KABAR.ID- Tentara Ukraina dilaporkan berhasil menahan serangan Rusia di ibu kota, pada Sabtu (26/2/2022) pagi waktu setempat.

Setelah beberapa jam sebelumnya Presiden Volodymyr Zelensky memberikan peringatan bahwa Moskow akan merebut ibu kota Kyiv sebelum fajar.

Presiden Rusia Vladimir Putin memang sudah melancarkan invasi skala penuh pada Kamis lalu, yang telah menewaskan puluhan orang, dan memaksa 50.000 orang lebih meninggalkan Ukraina dalam waktu 48 jam. Juga memicu kekhawatiran dalam perang dingin baru di Eropa.

Negara Barat juga sudah mengumumkan sanksi pribadi ketika tentara Putin maju ke Ukraina pada hari Jumat, (25/2/2022).

“Malam ini akan lebih sulit daripada siang hari. Banyak kota di negara bagian kita diserang,” kata Zelensky, dalam pidatonya, dikutip dari¬† Kabar.id dari AP, Sabtu (26/2/2022).

“Perhatian khusus pada Kyiv – kita tidak bisa kehilangan ibu kota,” katanya.

Zelensky juga sudah meminta respon yang lebih kuat dari pemimpin barat. Dia mengatakan sudah bicara dengan Presiden Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden AS Joe Biden.

“Kita telah menyetujui untuk mendapatkan bantuan yang lebih banyak kepada negara kita,” jelas Zelensky.

Kini pada Sabtu pagi, waktu setempat, Militer Ukraina juga mengatakan dalam halaman Facebook bahwa terverifikasi bahwa Rusia menyerang salah satu unit militer di Victory Avenue di Kyiv.

Militer Ukraina juga mengumumkan serangan itu berhasil dipukul mundur, meski belum dijelaskan letak pasti insiden itu terjadi.

Wartawan Agence France Presse (AFP), mengatakan ada ledakan keras yang terdengar di pusat Kiyv pada pagi ini.

Sementara Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa ada dua target musuh yang ditembak jatuh. Dengan identifikasi helikopter SU – 25 Rusia dan seorang pembom militer di dekat zona separatis di timur.

Sebuah pesawat angkut Rusia juga sudah dijatuhkan di dekat kota Vasilkov sekitar 30 kilometer barat daya Kiyv, kata Kementerian Pertahanan Ukraina dalam laman Facebook resmi.

Selain itu AFP juga melihat seorang pria tewas dengan pakaian sipil tergeletak di trotoar.Ketika petugas medis sedang membantu pria lain dalam mobil yang hancur ditembak kendaraan lapis baja. setidaknya ada 137 orang termasuk tantara, warga sipil, yang telah tewas (AFP/CNBC/KBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.