Menkominfo Tantang Mahasiswa Wujudkan Transformasi Digital Melalui Startup - Kabar.id | Platform Berbagi Kabar

Post Top Ad

Menkominfo  Tantang Mahasiswa Wujudkan Transformasi Digital Melalui Startup

Menkominfo Tantang Mahasiswa Wujudkan Transformasi Digital Melalui Startup

Share This
JAKARTA, KABAR.ID- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menantang sekaligus mengajak mahasiswa khusus mahasiswa Universitas Floers bersama-sama mewujudkan transformasi digital di Indonesia melalui usaha rintisan atau startup.   


"Saya mengajak sivitas akademika Universitas Flores untuk secara aktif mengambil bagian dalam usaha-usaha ekonomi digital, menciptakan karya hebat dan produk-produk unggulan dan berkualitas melalui start-up atau usaha-usaha rintisan kecil, ultramikro, mikro dan menengah (UKM),” kata Johnny dalam Dies Natalis Universitas Flores ke-40 dari Jakarta, Minggu (19/07/2020).

Dikatakan, dengan ikut terlibat dalam inisiatisi startup, sama dengan berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata dalam upaya kita memulihkan kembali perekonomian nasional dari tekanan dan dampak COVID-19.


Menurutnya, Indonesia saat ini sedang berada di sebuah era digital dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat, juga memungkinkan sebagian besar komunikasi dan informasi berbentuk digital. 


“Hal ini membawa perubahan hidup sosial masyarakat dengan terbukanya ruang digital yang semakin lebar, dan membentuk tatanan kehidupan baru secara virtual, sebagaimana kita hadapi di tengah pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.


Keadaan pandemi COVID-19 saat ini telah mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia untuk memasuki era baru yang disebut dengan era digital society atau masyarakat digital.


Mantan anggota DPR-RI ini mengaku sudah berbagai usaha ekonomi masyarakat yang sebelumnya dilakukan secara konvensional dalam ruang-ruang fisik dan pasar-pasar fisik (konvensional), kini beralih dan memanfaatkan ruang digital, yakni ekonomi digital melalui platform digital yang ada. 


Dikatakan COVID-19 mendorong masyarakat mengutamakan pemanfaatan dan penggunaan produk di dalam negeri dengan merubah mindset atau cara berpikir dengan menempatkan produk yang dihasilkan anak bangsa dan perusahaan nasional dalam mengisi kebutuhan permintaan di dalam negeri sendiri.


Seraya menambahkan, Kominfo selain mengembangkan  infrastruktur TIK, pihaknya juga menaruh perhatian pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan permintaan talenta digital Indonesia. 


“Dalam mendukung transformasi digital, 15 tahun ke depan Indonesia masih membutuhkan tidak kurang dari 9 juta talenta digital atau rata-rata sekitar 600.000 talenta digital setiap tahun. Saya mengajak alumni universitas Flores untuk mengambil bagian dalam mengisi dan memenuhi kebutuhan talenta digital tersebut di atas,”tandasnya (Wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad