Meski Jakarta Waspada Virus Corona, Car Free Day Tetap Diadakan - Kabar.id | Platform Berbagi Kabar

Post Top Ad

Meski Jakarta Waspada Virus Corona, Car Free Day Tetap Diadakan

Meski Jakarta Waspada Virus Corona, Car Free Day Tetap Diadakan

Share This
 
JAKARTA, KABAR.ID- Meski Jakarta dalam kondisi waspada virus corona, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta memastikan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day yang diadakan setiap Minggu, pukul 06.00 – 11.00 WIB, tetap berjalan seperti biasa. 
 
Namun, pembedanya, tidak diperbolehkan ada acara (event) tertentu yang mengumpulkan massa di sepanjang jalan yang termasuk HBKB.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyampaikan, kebijakan yang diterapkan pada HBKB ini sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Coronavirus Disease (COVID-19). 
 
Syafrin pun menegaskan, masyarakat tetap dapat berolahraga, bersepeda, lari, ataupun jalan kaki, memanfaatkan area Sudirman – Thamrin selama waktu HBKB diberlakukan.

Car Free Day itu adalah kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperbaiki kualitas udara, kemudian ada ruang publik di sana yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga. Terkait dengan Instruksi Gubernur terhadap perizinan mengumpulkan massa, tentu ini kami patuhi. Yang mana pada saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, tidak diperbolehkan ada kegiatan atau event yang mengumpulkan massa. Kalau ada yang berolahraga, kemudian lari, jalan, memanfaatkan area Sudirman-Thamrin, dipersilahkan,” ungkapnya dalam keterangan persnya yang diterima Kabar.id (7/3/2020).

Syafrin menyebut, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan menertibkan kegiatan yang mengumpulkan massa selama HBKB berlangsung. “Jadi, kami sudah koordinasikan, begitu ada kegiatan yang mengumpulkan massa, kami tetap akan tertibkan karena di sana didedikasikan saat ini adalah untuk kegiatan olaharaga. Silahkan bersepeda, berjalan kaki, ataupun lari, dan berolahraga lainnya di sana,” imbuhnya.

Selain itu, Syafrin menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk menyiagakan petugas medis dalam upaya mendeteksi suhu tubuh di area HBKB. Petugas medis bersiaga di beberapa titik, yaitu Bundaran Air Mancur (Patung Kuda), perempatan Sarinah, Bundaran HI, Taman Budaya Dukuh Atas, dan Ratu Plaza. “Petugas Dinas Kesehatan yang bersiaga ini untuk menyosialisasi terkait antisipasi penyebaran COVID-19 dan melakukan pengukuran suhu untuk masyarakat dengan thermal gun,” pungkasnya. (Wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad